Selasa, 30 Oktober 2012

elemen listrik

Elemen Elektro Kimia

Menurut Neinst, batang logam yang dimasukan dalam larutan asam sulfat akan melepaskan ion-ionpositif ke dalam larutan itu, oleh karena itu, logam tersebut menjadi bermuatan negative. Sedangkanlarutan tersebut menjadi muatan positif. Beda potensial tersebut dinamakan tegangan larutanelektrolit.
 

Tidak semua logam mempunyai kemampuan melepaskan ion-ion electron sama besar. Berdasarkandaftar elemen yang di buat Volta. Kita ketahui bahwa seng (zn) lebih kuat melepaskan ion-ionelectron dari logam (cu) atau tembaga.Daftar volta, logam yang kuat melepaskan ion-ion electron disebelah kiri makin kekanan adalahlogam yang makin lemah melepaskan ion-ion elektronnya.
L Na Ca Mg Ae Zn Fe Ni Sn Pb H Cu Ag Pt Au G


 
Electronic book – Elektronika Dasar 16Untuk mendapatkan beda potensial yang baik dari bahan yang murah dan mudah didapat , dibuatlahsebuah elemen oleh Volta sebagai berikut :Yang terjadi ialah adanya beda potensial. Batang tembaga menjadi kutub positif dan batang sengmnejadi kutub negative. Beda potensial antara kutub positif dan kutub negative disebut Gaya Gerak Listrik.Kemudian kedua kutub tersebut disambungkan dengan sebuah bola lampu atau alat ukur sehinggaterlihat adanya beda potensial pada kedua kutub tersebut.Pada ujung-ujung kawat penghubung terdapat beda potensial yang disebut tegangan jepit lampuyang dihubungkan dengan elemen basah volta. Berpijar lampu ini tidak berpijar lama dan segerameredup kemudian padam. Hal ini terjadi sebab plat tembaga tertutup oleh lapisan gelombang gashydrogen. Jika plat-plat dikeluarkan dan gelombang dihilangkan dengan dicuci, kemudian plat-platitu dicelupkan kembali kedalam larutan maka lampu akan berpijar lagi tetapi hanya bertahan dalamwaktu singkat






Elemen Kering

Elemen kering atau elemen le chance disebut secara umum sebagai batu baterai. Elemen keringtermasuk elemen primer tapi sebagai elemen kering masih mempunyai banyak keunggulan, sepertibentuk fisik yang kecil, mudah dibawa, aman dan praktis. Pada elemen ini, elektroda positif adalahbatang karbon yang ditengah dan pembungkusannya yang terbuat dari seng merupakan elektrodanegative. Elektrolitnya adalah larutan ammonia klorida (NH4Cl) dan depolarisasi yang menahanterbentuknya hydrogen pada elektroda positif terbuat dari mangan dioksida (MnO2) bercampurserbuk karbon



Elemen Weston
Elemen ini menggunakan air raksa sebagai anoda dan amalgama cadmium sebagai katoda. Sebagai depolarisator digunakan campuran merkurosulfat dan kadmiumsulfat berbentuk pasta. Sebagai elektrolit digunakan larutan jenuh cadmium sulfat. Hablur-hablur kadmiumsulfat ditambahkan untuk menjaga supaya larutan tetap jenuh.
 

Elemen Sekunder
Akumulator (aki):
Akumulator termasuk ke dalam jenis sel sekunder, artinya  sel ini dapat dimuati  ulang ketika muatannya habis. Ini karena  reaksi kimia dalam sel dapat dibalikkan arahnya. Jadi sewaktu sel dimuati, energi listrik diubah menjadi energi kimia, dan sewaktu sel bekerja, energi kimia diubah menjadi energi listrik.
 

Elemen Paralel

Pada susunan parallel, tegangan yang dihasilkan sama dengan salah satu tegangan masing-masing. Susunan ini dapat memperbesar arus dengan tegangan kecil.

Pada gambar berikut adalah dua buah baterai yang dirangkai parallel, sebuah lampu dan skalar. Beda potensial kedua baterai  yang dirangkai paralel adalah 9 V. Jika dirangkai sampai 4 buah baterai maka beda
potensialnya tetap yaitu 9 V.




0 komentar: